Tuesday, October 03, 2006

SIAP DIKRITIK!!!

Hari Sabtu lalu diadakan Book Signing WW and FB di Bogor.. Sangat ramai dan mengasyikkan apalagi waktu kongkow bareng WW dan FB, it’s a good afternoon to spend with!... Karena lokasinya di Toko Buku aku menyempatkan membaca-baca buku (Lumayan buat nambah topik Blog and biar gak mudah digoblokin orang).
Salah satu yang bikin aku tertarik ialah buku yang ditulis oleh Donald Trump (siapa sih yang gak kenal Donald trump?). Dalam buku itu donald memaparkan prinsip dalam berbisnis (Bayangkan… ternyata dia paling malas kalo diminta berjabat tangan karena menurut dia kuman itu masuk melalui tangan jadi dia lebih baik memberi salam dengan ala Jepang)…

Chapter demi chapter aku cermati, kemudian ada chapter mengenai seputar Kritik.. wah kebetulan nich aku ingin tahu bagaimana caranya mengatasi rasa gak PD kalo dikritik. Kritikan adalah bentuk respon lingkungan sekitar mengenai tingkah laku seseorang.. Kadang kritikan sangat baik untuk membangun da kadang malah membuat seseorang mundur. Mau tau bagaimana menghadapi kritik dan bagaimana jadikan kritikan sebagai motivator yang baik...

kritik dan masukan untukku masuk dari berbagai type orang. Tadinya semua kritikan bener-bener aku serap semua dan malah bikin aku down banget. Aku ini type orang yang PD namun saat yang sama jadi gak PD (setelah menerima kritikan). Untung saja aku membaca tips menghadapi kritik, menurut Donald Trump antara lain:
  1. Pertimbangkan sumber kritik. Apakah pendapat orang ini patut diperhatikan anda
  2. Jika PATUT, luangkan waktu untuk mempertimbangkan apakah ada hal yang dapat diperoleh dari kritik tersebut. Seringkali orang lain dapat melihat hal-hal yang terlewatkan oleh kita. Gunakan sudut pandang mereka sebagai keuntungan.
  3. Kritik mempunyai tujuan yang lebih jelas. Kadang-kadang mereka memiliki tujuan yang lebih besar dan kadang–kadang membuat tujuan tercapai secara otomatis
    Semua orang memiliki pendapat namun dalam banyak hal pendapat mereka tidak layak ditulis.
  4. Jika pendapat itu layak untuk ditulis dan ditulis diatas media Blog ini, dimana orang-orang dapat membaca dan menyadari jika orang-orang merasa anda cukup tidak menarik bagi konsumsi lingkungan dan masyarakat sekitar maka Mereka tidak akan menghabiskan waktu untuk mengkritik dan membicarakan anda. DAN Anggaplah kritik mereka sebagai pujian bukti dari keberadaan anda yang Nyata


Karena asyiknya aku membaca si pegawai Toko dengan isenk menyampaikan untuk Beli aja karena kayanya seru banget bacanya. GAK jadi beli buku tapi dapat ilmu nih … dan selanjutnya aku harus Belajar karena belajar Sabar, Belajar menerima Kritikan, Belajar Mencintai (mencintai orang2 yang berbeda karena hidup di dunia pluralisme dan menjunjung asas pruralisme he..he..), Belajar memahami karakter orang lain, Belajar Positif Thinking lebih mengasyikkan daripada terus menerus down menghadapi kritikan dari orang, sebab paling tidak hanya hal inilah yang dapat saya berikan pada diri sendiri setiap pagi….

Much Love mw

3 comments:

Satya said...

good attitude. terima kritik sebagai masukan. tapi awas WW ga suka the donald lho hehe..

Melda Wita said...

Thx, mengenai donald trump aku juga gak begitu suka. Tapi kalo Mencuri Ilmu kan gppp he..he..he

Melda Wita said...
This comment has been removed by a blog administrator.